Enter a description here searching and replacing this same text in "layout / Edit HTML" of your control panel.

Masalah ??? NO Problem!!!


Mungkin banyak di antara kita yang jika mendengar kata yang satu ini akan merasa tidak bersemangat lagi, mengapa? Karena kita menganggap masalah sebagai hal yang tidak menguntungkan bagi kehidupan kita.
Masalah terjadi jika tujuan yang hendak kita capai tidak sesuai dengan kenyataan. Sebenarnya jika kita memandang masalah sebagai sesuatu yang positif, insyaAllah ini akan menjadi tantangan yang menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih baik. Namun sebaliknya,jika kita berpandangan negatif terhadap masalah, maka masalah tersebut akan senantiasa menjadi bayang-bayang gelap yang sangat menggangu dalam hidup kita.
Bagaimana seharusnya kita umat islam memandang sebuah masalah itu?
Masalah bagi kita kaum muslimin merupakan sebuah ujian yang diberikan oleh Allah swt. Masalah ini akan menguji sejauh mana derajat keimanan kita kepada Allah swt. Sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-ankabuut (laba-laba) pada ayat yang kedua yang artinya :apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “kami telah beriman”, sedang mereka tidak di uji lagi? Jadi dapat kita tarik benang merah bahwa masalah merupakan hal yang wajar yang diterima seorang muslim untuk menguji sejauh mana derajat keimanannya. Apabila ia mampu bersabar dalam menghadapinya maka tentu saja derajatnya di sisi Allah akan dinaikkan.

MANFAAT MASALAH BAGI KAUM MUSLIMIN
1.      
seSebagai penebus dosa
Hal ini sesuai dengan hadits yang berbunyi “tidak ada sesuatu apapun yang menimpa seorang muslim, baik berupa kelelahan, kesakitan, kecemasan, kesedihan, gangguan penyakit, kesusahan, hingga duri yang menusuknya, kecuali Allah akan mengampuni dosa-dosanya dengannya.”  
2.       Penyaring mutu
Emas tidak akan menjadi emas bila tidak disepuh, logam tidak akan menjadi baja jika tidak dipanaskan, batu bara pun demikian, air tidak akan menjadi jernih jika terus menerus tenang tanpa mengalir, dan otak tidak akan menjadi pintar jika tidak digunakan. Begitu pun dengan orang-orang yang beriman, mereka akan ditinggikan derajatnya jika mampu bertahan dengan masalah-masalah yang menghadang. Jadi masalah dapat meninggikan atau merendahkan derajat kita

       Mematangkan emosi dan jiwa
Makin banyak masalah yang dihadapi oleh seseorang maka makin matang ia menghadapainya. Makin mudah ia memanage hati dan tindakannya. Tentu saja pola pikir orang-orang yang sudah berpengalaman dalam menghadapi masalah sangat jauh berbeda dengan mereka yang lari dan tidak mau menghadapi sebuah masalah. Sederhananya makin banyak jam tayang maka makin tinggi jam terbang sehingga rating akan semakin naik


Catatan Tarbiah ku!!!

0 komentar:

Posting Komentar